Harga Cat Mobil Untuk Bengkel Resmi, Bengkel Non Resmi dan Melakukan Sendiri

Mobil menjadi kendaraan yang disukai banyak orang. Maka tidak heran, demi memberikan tampilan bodi yang menarik, elegan dan futuristik, mereka rela memperbaiki keadaan cat yang memudar. Saat melakukannya, beberapa hal juga harus diperhatikan. Terutama masalah harga cat mobil untuk beberapa kategori.

Harga Cat Mobil Per Panel dan Full Bodi Bengkel Resmi

cat mobil dan bus

Memiliki mobil dengan tampilan warna yang tetap keren adalah dambaan pecinta otomotif. Apalagi, warna mobil bagus membuat Anda lebih tampil percaya diri. Jika ingin merubah atau memperbaiki warna cat mobil menjadi lebih menarik, berikut harga terbaru dari bengkel resmi:

  1. Harga Per Panel
auto, sports car, paint
Mysticsartdesign (CC0), Pixabay

Biaya pengecatan mobil per panel di bengkel resmi sangat bervariasi. Variasi harga ini berdasarkan type mobil Anda. Misalnya, untuk satu sisi pintu Toyota Avanza membutuhkan biaya sekitar Rp.900.000,-. Sedangkan Toyota Altis berkisar hingga 1 Juta rupiah.

Kemudian biaya pengecetan mobil di bengkel resmi sekelas PT Sun Star Motor Mitsubishi juga dihitung per panel. Biaya yang harus dikeluarkan berkisar Rp.650.000,- hingga Rp.850.000,- per panelnya.

  1. Harga Full Bodi

 

mobil bus bengkel morodadikasno (243)

Pada umumnya, bengkel-bengkel resmi menerapkan harga untuk pengecetan mobil dihitung per panel. Jarang sekali bengkel resmi yang menghitung tarif untuk full bodi. Jika Anda ingin cat semua bagian mobil di bengkel resmi, harga per panelnya akan dikalkulasi dan menghasilkan satuan harga yang utuh.

Tidak heran, untuk sekali pengecatan full bodi di bengkel resmi mencapai besaran harga belasan juta rupiah. Harga ini memang lebih mahal dari bengkel non resmi, dikarenakan perbedaan teknik pengerjaan yang lebih modern, lebih professional dan kualitas lebih baik.

Harga Cat Mobil Per Panel dan Full Bodi Terbaru Bengkel Non Resmi

harga cat per panel morodadi

Berbeda dengan bengkel resmi, harga cat mobil per panel dan full bodi di bengkel non resmi atau umum memiliki daftar harga masing-masing. Sebagai referensi, ada beberapa bengkel motor non resmi yang menerapkan harga kisaran di bawah ini:

  1. Harga Per Panel

Di bengkel non resmi, mayoritas mematok harga berkisar mulai dari Rp.550.000 hingga Rp.700.000 per panelnya. Kisaran harga tersebut dipukul rata untuk seluruh type atau jenis mobil, baik mobil pribadi berukuran kecil maupun type mobil keluarga yang memiliki ukuran lebih besar.

Sedangkan bagi Anda yang memiliki budget terbatas, ada beberapa bengkel non resmi/umum yang mematok harga untuk pengecatan mobil berkisar Rp.150.000 hingga Rp.300.000,- per panel. Namun, harga ini tergantung seberapa parah kerusakan pada bodi mobil.

  1. Harga Full Bodi

Untuk biaya cat mobil full bodi harga berkisar 6 juta rupiah hingga 7 juta rupiah tergantung kondisi dan jenis mobil. Tarif harga tersebut berlaku untuk mobil-mobil pribadi seperti Daihatsu Xenia, Toyota Avanza, Honda Jazz, Toyota Vios dan beberapa type yang sejenis.

Sedangkan untuk mobil yang bertype besar seperti Innova atau Alphard, biasanya harga dipatok lebih mahal. Perbedaannya bisa mencapai Rp.500.000,- hingga 1 juta rupiah. Harga-harga ini juga tidak jauh berbeda dengan tarif untuk mobil-mobil kelas Eropa.

Langkah dan Rincian Biaya Melakukan Cat Mobil Sendiri

rincian pengecatan mobil

Mobil merupakan salah satu kendaraan mewah, tidak heran jika pemiliknya melakukan perawatan ekstra agar tetap memukau. Seiring pemakaiannya, bisa terjadi kerusakan karena tergores, memudar, berkarat dan perlu dilakukan cat ulang.

Biaya yang cukup mahal untuk perbaikan membuat orang berfikir ulang membawanya ke bengkel. Ini dapat disiasati dengan cara melakukan perbaikan sendiri. Berikut terdapat beberapa langkah lengkap dengan rincian biayanya:

  1. Melihat Kondisi Mobil

Sebelum melakukan pengecatan ulang, lihat kondisi bodi mobil dengan mempertimbangkan tingkat kerusakannya. Seperti terdapat bekas penyok ringan dan goresan. Jika dirasa ringan, tidak ada salahnya melakukan perbaikan sendiri.

Anda juga bisa memberikan sedikit tanda posisi mana saja yang mengalami kerusakan. Sehingga, saat proses pengecatan ulang tidak ada bagian yang terlewatkan. Cuci menggunakan air bersih bagian yang akan di cat, jemur di bawah terik matahari hingga benar-benar kering.

  1. Persiapkan Alat dan Pengamplasan

Siapkan peralatan yang akan dipakai seperti amplas berukuran 1.500. Pilih jenis terbaik agar hasilnya juga lebih bagus. Kemudian siapkan proxy dan semprotkan pada bagian yang akan di cat. Harga alat yang cenderung mahal tentu membuat Anda berfikir ulang untuk melakukannya. Lakukan penyewaan atau pinjam milik kerabat, teman atau saudara agar lebih menghemat biaya.

Selanjutnya lakukan pengamplasan dengan hati-hati dan teliti, usahakan jangan ada bagian yang terlewat dan lakukan secara merata pada bagian yang akan di cat agar hasilnya lebih bagus. Untuk harga amplas tidak sampai Rp.50.000,- di beberapa toko bangunan.

  1. Cuci Mobil dan Berikan Cat Dasar

cuci mobil dan berikan cat dasar morodadi

Beli sabun khusus untuk mobil, harga ini juga terbilang murah hanya Rp.10.000,- saja.  Cuci bagian mobil tersebut hingga benar-benar kering. Kemudian berikan cat dasar, Anda dapat memilih untuk menggunakan warna putih atau abu-abu. Harga cat mobil dasar berkisar Rp.500.000,-an.

Pemakaian warna putih atau abu-abu agar hasil pengecatan terlihat lebih sempurna. Lakukan proses ini di ruang terbuka, usahakan mobil terkena sinar matahari secara langsung dan tidak terkena debu.

  1. Berikan Cat Utama

berikan cat utama

Masuk ke tahap pengecatan berikutnya, Anda dapat memilih beberapa cat seperti, polyurethane atau acrylic lacquer yang harganya lebih terjangkau. Umumnya pada proses ini jika perpanel akan menghabiskan biaya rata-rata Rp.550.000,- hingga Rp.700.000,-.

Jika di kalkulasi semua unit menjadi full bodi, berkisar 3 hingga 4 jutaan saja untuk pengecatan. Namun, tergantung kondisi dan jenis warna. Proses ini dapat dilakukan sendiri dengan mencapurkan 1,2  liter cat : 2 liter tiner jika ingin kental atau menggunakan 1:1 untuk hasil cat lebih encer.

Selanjutnya melakukan penyemprotan cat menggunakan spray gun. Untuk hasil yang lebih bagus, lakukan dengan sekali tarikan sesuai alur agar tidak terlalu tebal dan lebih rata. Hasil tampilan mobil tergantung dengan cara yang dilakukan. Kesalahan dalam penyemprotan mengakibatkan warna yang memiliki ketebalan tidak sama.

Keuntungan dan Kelemahan Melakukan Cat Mobil Sendiri

Keuntungan saat melakukan cat mobil sendiri hanya terletak di penghematan biaya. Bahkan hampir menghemat 40% jika dibandingkan dengan menggunakan jasa di bengkel resmi ataupun non resmi. Dengan begitu, sisa uang dapat digunakan untuk kepentingan lainnya.

Kekurangan yang didapat adalah, proses yang ribet karena harus mempersiapkan beberapa alat dan bahan. Kemudian waktu yang cukup lama dan tidak bisa dibarengi dengan aktivitas lain. Selain itu, pengecetan yang kurang maksimal bisa mengakibatkan cat kurang rata.

Perlu diketahui, harga pengecatan mobil juga dipengaruhi oleh tingkat kesulitan dalam proses pengerjaan dan pemilihan warna. Sekarang, Anda sudah mengetahui harga cat mobil per panel dan full bodi terbaru. Saatnya membuat mobil lebih keren dan tampil menarik. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top