Cara Memperbaiki Bodi Mobil Penyok Ringan

Sebagian pengemudi pasti pernah mengalami insiden yang dapat menyebabkan mobil terkena benturan, baik secara sengaja maupun tidak. Hal ini membuat bodi menjadi tidak sempurna seperti sebelumnya. Jika tingkat kerusakan tidak parah, ada cara memperbaiki bodi mobil yang mudah untuk dilakukan.

Penyebab Ringan Bodi Mobil menjadi Penyok

hail damage, auto, car roof
Hans (CC0), Pixabay

Tampilan bodi menjadi salah satu bagian mobil yang memperlihatkan kesan indah, mewah dan elegan. Jika kondisinnya rusak akan membuatnya menjadi tidak menarik saat dilihat. Berikut beberapa penyebab ringan kendaraan roda empat ini menjadi penyok:

  1. Terbentur Sesuatu

Penyebab ini biasanya dikarenakan pengemudi kurang berhati-hati saat parkir atau mengatur haluan. Selain itu, bisa juga karena kehilangan kendali saat menyetir. Agar tidak terjadi demikian, berhati-hatilah saat mengemudi. Terutama saat berada di daerah/lokasi yang sempit.

  1. Terkena Batu

Penyebab penyok ringan ini juga sering dialami sebagian orang. Batu yang membentur bagian mobil akan membuat bodi memiliki cekungan. Saat menyetir, usahakan Anda harus menghindari benda-benda keras lainnya yang dapat merusaknya. Hal semacam ini terkadang tidak bisa dihindari saat berpapasan dengan kendaraan lain di jalan raya.

  1. Tertimpa Benda Dari Atas

Tertimpa benda jatuh tepat mengenai bodi juga dapat membuat mobil penyok. Terutama saat parkir di suatu tempat, perhatikan bagian atas ataupun sekelilingnya. Selain itu, hindari menaruh benda di atas mobil. Kebanyakan hal semacam ini dilakukan oleh sebagian orang yang sedang berpergian.

  1. Terkena Benda Tajam

Benda-benda tajam dapat membuat goresan pada mobil. Penyebab kerusakan yang tergolong ringan ini ternyata tidak bisa dianggap remeh. Bodi yang terkena goresan secara terus menerus akan mengurangi intensitas kekuatan permukaan. Terutama tempat parkir garasi rumah yang terlalu kecil.

  1. Serempetan Spion

Penyebab penyok ini sering tidak disadari pengendara. Ini terjadi dan dianggap hanya benturan kecil yang tidak menimbulkan efek apapun. Padahal, hal ini juga dapat membuat bodi mobil tergores dan merusak cat.

  1. Terkena Ranting Pohon

Ranting pohon kecil mungkin tidak dapat membuat bodi penyok. Tetapi jika ranting pohon berukuran besar, akan berakibat kerusakan pada mobil. Baik itu tersabet ataupun tertimpa, keduanya memiliki potensi untuk merusak dan membahayakan pengemudi.

  1. Ulah Tangan Usil dan Jahil

Ulah tangan usil dan jahil tidak menutup kemungkinan akan merusak bodi mobil Anda, baik yang dapat menimbulkan goresan atau penyokan ringan. Hal ini memang cukup sulit untuk dihindari, karena tidak bisa diprediksi kapan terjadinya.

  1. Tabrakan Kecil Dengan Mobil Lain

Tabrakan kecil pada mobil biasanya terjadi saat kondisi jalan macet. Hal ini karena pengemudi tidak bisa memperkirakan jarak antara mobil yang dikendarai dengan mobil lain di depan atau belakangnya. Jarak ideal dalam mengemudi minimal sejauh 5 meter, agar pengeriman secara tiba-tiba dapat dilakukan.

  1. Menabrak Pembatas Jalan

Kurangnya fokus menyebabkan pengendara tidak menyadari bahwa mobil telah menabrak pembatas jalan. Hal ini bisa memperburuk keadaan apabila terdapat beberapa galian di sekitarnya. Kebanyakan orang yang mengalami dalam kondisi mengantuk berat.

  1. Dipukul Benda Berat

Efek benturan benda berat memang dapat membuat perubahan pada sesuatu, terutama bodi mobil. Di jalan, pengendara juga tidak bisa menghindari musibah yang mungkin saja dapat terjadi. Baik berpapasan dengan orang yang sedang berkelahi ataupun hal yang lainnya.

Cara Mengatasi Bodi yang Penyok

hail damage, auto, car roof
Hans (CC0), Pixabay

Tampilan suatu mobil yang sempurna akan memperlihatkan kesan elegan dan keindahan. Hal ini akan berbeda jika terjadi beberapa hal buruk seperti kejadian yang sudah dibahas sebelumnya. Sehingga, membuatnya tidak menarik lagi untuk dipandang.

Pemukaan mobil yang penyok sebenarnya bisa segera diatasi dengan membawanya ke bengkel, akan tetapi harus mengeluarkan banyak biaya. Solusi mudah lainnya adalah memperbaiki di rumah tanpa dengan menggunakan peralatan sederhana. Berikut ulasan lengkapnya:

  1. Menggunakan Hair Dryer

dryer, hair, hairdresser
OpenClipart-Vectors (CC0), Pixabay

Hair dryer bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki tampilan mobil penyok. Caranya beri campuran cairan karbondioksida, jika tidak punya segeralah beli di toko bahan kimia terdekat. Harganyapun juga tidak terlalu mahal.

Siapkan hair dryer dan sebotol cairan karbondioksida yang sudah dibeli. Lalu, nyalakan dan arahkan udara panas ke bagian mobil yang penyok. Lakukan hal ini terus menerus hingga mengeluarkan cukup panas dan siap untuk digunakan.

Setelah itu, semprotkan cairan karbondioksida ke tempat  yang sudah dipanaskan. Lalu, tekan-tekan sampai kembali ke bentuk semula. Untuk bagian dengan penyok cukup parah biasanya membutuhkan waktu hingga 5 menit.

Inti dari cara ini adalah memanfaatkan perubahan suhu yang sering terjadi secara tiba-tiba dari panas menjadi dingin. Kondisi tersebut bisa membuat bagian mobil tertarik akibat adanya hentakan daya dorong. Akan tetapi kejadian tersebut hanya dapat digunakan untuk memperbaiki dengan skala kecil.

  1. Air Panas

fire and water, fight, hands
thommas68 (CC0), Pixabay

Sebenarnya, cara ini memiliki konsep yang sama dengan sebelumnya. Perbedaannya hanya terdapat pada bahan untuk melenturkan bagian mobil dan suhu panas bukan dari hair dryer.

Siapkan air panas yang akan digunakan. Selanjutnya siramkan secara bertahap ke bagian mobil penyok, agar lebih mudah bisa memanfaatkan teko atau ceret air. Kemudian, ambil kain untuk memberi tekanan hingga kembali ke bentuk semula.

Saat memberi tekanan, tidak disarankan terlalu keras karena bisa membuat bentuk mobil mengalami perubahan bahkan bodinya bisa pecah. Ulangi langkah-langkah tersebut beberapa kali sampai mencapai hasil maksimal.

  1. Es Batu

ice, eiskristalle, snow
Pezibear (CC0), Pixabay

Dengan suhu dingin yang dimiliki, bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki masalah mobil penyok. Tetapi harus dilengkapi dengan benda lainnya, seperti hair dryer dan kompresor angin. Siapkan ketiga bahan yang diperlukan.

Tempelkan es batu pada bagian yang penyok dan biarkan selama kurang lebih dua menit. Tunggu sampai berbentuk butiran-butiran salju hingga mengintarinya. Kemudian lepaskan es batu dan gunakan hair dryer hingga bagian yang penyok menghilang.

Metode ini sebenarnya sangat mudah untuk diterapkan hanya saja cara tersebut bisa dilakukan ketika kondisinya tidak rusak parah.

  1. Pops A Dent

crashed car, damage, dent
ArtisticOperations (CC0), Pixabay

Memperbaiki mobil penyok dengan cara memanaskan sering mengakibatkan kerusakan karena karat. Bahkan warna cat bisa memudar. Produk tersebut memiliki fungsi untuk mendistribusikan tekanan merata ke seluruh komponen .

Pilihlah pad lem sesuai dengan ukuran penyok di mobil Anda, lalu panaskan glue stick. Biarkan sampai mengering dan pastikan bisa tertempel di kendaraan hingga 8 menit. Apabila hasilnya tidak sesuai keinginan, maka ulangi kembali prosesnya.

Dalam melakukan langkah tersebut, pastikan Anda berhati-hati. Percobaaan yang dilakukan berulang ulang akan menambah kerusakan atau membuat bodi mobil menjadi retak dan memiliki bentuk yang tidak karuan.

Demikian penyebab penyok ringan dan cara memperbaiki bodi mobil. Kondisi jalanan yang padat membuat resiko kerusakaan pada bagian kendaraan menjadi lebih besar. Berhati-hatilah saat berkendara di jalan dan jangan lupa membaca doa sebelum berkendara.

Bengkel Mobil Rekomendasi di Jabodetabek

bengkel mobil murah di depok

Pilihan sederhana untuk memperbaiki mobil adalah dengan membawa ke bengkel mobil. Tentunya hasil ditentukan dari kualitas kerja bengkel tersebut. Kamu bisa pilih yang terdekat, dan jika kamu berada di lokasi Jabodetabek kamu bisa bawa kendaraanmu ke bengkel Morodadi.

Bengkel Morodadi telah bekerjasama bertahun-tahun dengan vendor ternama. Untuk pertanyaan lebih lanjut terkait biaya reparasi dan perbaikan mobil kamu bisa hubungi kontak whatsapp disini : 081381601648

[waforms id=’1912′]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top