pengecekan kaliper rem, cara merawat rem tromol mobil agar awet

Cara Merawat Rem Tromol Mobil Agar Awet

pengecekan rem mobil, cara merawat rem tromol mobil agar awet
Sumber Gambar : geraldoswald62 (pixabay)

Cara Merawat Rem Tromol Mobil Agar Awet

Cara merawat rem tromol mobil agar awet merupakan salah satu cara untuk bisa anda lakukan demi kenyamanan serta keamanan saat berkendara.

Dikarenakan, sebagai pemilik mobil sudah sewajarnya Anda harus memperhatikan bagian-bagian yang terdapat pada komponen mobil agar terawat dan dapat digunakan setiap saat.

Diantara komponen-komponen mobil yang perlu perhatian salah satunya yaitu rem tromol mobil.

Dikarenakan komponen ini merupakan salah satu bagian yang sangat penting dan erat kaitanya dengan keselamatan anda di saat berkendara.

Alasannya ialah, rem tromol yang terdapat pada mobil mempunyai tugas yaitu mengendalikan laju kendaraan saat berjalan.

Hingga rem tromol memiliki kontrol kecepatan yang bisa anda kendalikan, untuk menghindari kecelakaan di saat kendaraan dalam kecepatan tinggi.

Sehingga perlu langkah-langkah perawatan terhadap rem tromol yang perlu Anda ketahui, untuk menjaga performa.

Sehingga dengan perawatan yang tepat, sehingga rem tromol mempunyai daya tahan yang lama sekaligus membuat nya tetap pakem.

Bagaimanapun juga apabila bagian-bagian tersebut tidak mendapatkan perawatan, maka sebagus apapun rem yang terpasang di mobil Anda.

Dapat dipastikan hal tersebut akan menurunkan kinerja daripada rem tersebut, di saatmelakuikan kontrol atau pengendalian laju mobil.

Untuk itu maka di bawah akan disajikan beberapa informasi mengenai cara merawat rem tromol mobil agar awet serta tahan lama dan selalu dalam kondisi prima.

Tips Merawat Rem Tromol Pada Mobil

Dalam melakukan perawatan rem tromol pada mobil, terdapat beberapa langkah yang bisa anda lakukan sendiri.

Yang bertujuan untuk menjaga performa agar tetap prima.

Dibawah ini, merupakan langkah-langkah dalam melakukan perawatan rem tromol pada mobil diantaranya :

Cek Kondisi Rem Serta Pastikan Tidak Terdapat Minyak Yang Merembes

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk merawat mobil adalah, Anda harus selalu mengecek dari kondisi rem.

Dengan cara mengamati serta melihat dan meneliti apakah terdapat rembesan minyak yang keluar dari dalam tromol rem tersebut.

Dikarenakan, apabila terdapat indikasi rembesan minyak, meskipun cuma sedikit hal tersebut menjadi tanda bahwa terdapat kebocoran yang terjadi di sekitar area rem tromol mobil tersebut.

Oleh karena itu Anda harus selalu memastikan kondisi rem tromol pada mobil anda tetap dalam keadaan bersih serta tidak terdapat rembesan minyak rem yang keluar.

Lakukan hal tersebut setiap saat menjelang anda melakukan perjalanan menggunakan mobil, supaya nanti di saat anda berkendara menjadi lebih nyaman serta aman.

Mengingat apabila terdapat kebocoran minyak rem, maka dampak yang ditimbulkan adalah pada kualitas daya jepit kampas rem terhadap roda.

Untuk mengecek secara maksimal, anda bisa membawa mobil anda ke bengkel untuk perawatan rutin.

Dengan tujuan, pengecekan bisa maksimal karena ditangani oleh mekanik yang sudah berpengalaman.

Setelah itu anda dapat meminta mekanik mobil tersebut, untuk melakukan pengecekan secara optimal.

Terhadap kondisi, apakah masih dalam kondisi normal atau terdapat indikasi kebocoran dan kerusakan yang terdapat di area sekitar tersebut.

Cek Ketinggian Tuas Rem Tangan Di Saat Ditarik

Selanjutnya, yaitu dalam memastikan apakah rem tromol mobil Anda masih dalam keadaan yang bagus.

Maka anda bisa memastikan posisi dari ketinggian tuas rem dalam kondisi atau posisi yang pas.

Untuk memastikan pengecekannya, yang bisa anda lakukan yaitu menarik tuasnya. Berbarengan di saat di tarik, apabila terdengar bunyi klik diatas 9 kali.

Maka rem tangan tersebut rawan lolos atau mempunyai potensi mengalami rem blong, di saat hand rem ditarik.

Apabila anda menemukan hal tersebut, alangkah baiknya anda tidak perlu menunggu waktu yang lama serta menyepelekannya.

Sesegera mungkin bawa mobil anda Ke bengkel untuk diperbaiki, hal ini merupakan salah satu tips perawatan rem tromol yang tidak bisa dikesampingkan.

Atur Setelan Rem Tromol Sesuai Standar

Selain itu, Anda harus melakukan pengaturan terhadap rem tromol standar pabrikan, yang bertujuan rem tromol bisa bekerja secara sempurna.

Hal tersebut dilakukan supaya rem tromol tetap mempunyai efektifitas, di saat digunakan untuk pengereman.

Hal ini juga berguna di saat Anda memarkirkan kendaraan di tempat parkir yang tidak rata.

Selain itu, Anda juga tidak disarankan dalam melakukan setting rem tromol melalui console box, dikarenakan setelah di setting melalui konsol tersebut hasilnya tidak maksimal.

Apabila anda melakukan setting lewat atau melalui console box, maka anda tidak akan mengetahui kondisi ketebalan kampas rem yang terdapat pada bagian rodanya.

Sehingga meskipun hal tersebut lebih ringkas dan fleksibel, akan tetapi hasil pemeriksaannya menjadi tidak maksimal.

Oleh karena itu, anda lebih disarankan untuk melakukan setting rem secara manual, anda bisa melakukan penyetelan rem yang tepat di bengkel mobil kepercayaan anda.

Rutin Membersihkan Rem Tromol

Selanjutnya, tips melakukan perawatan rem tromol pada mobil iyalah, Anda bisa membersihkan kotoran yang terdapat pada rem tromol secara rutin.

Dikarenakan hal ini mempunyai tujuan, agar rem tromol tidak macet atau seret saat digunakan dikarenakan area ini terdapat kotoran.

Selain itu hal tersebut, cara mencegah rem masih bisa bekerja sehingga roda tidak mau berputar meskipun hand rem sudah diturunkan.

Oleh karena, itu Anda harus selalu memastikan kebersihan di area rem tromol selalu terjaga.

Utamanya pada saat musim penghujan tiba dikarenakan potensi terdapat pasir yang lembut. Serta air hujan yang menempel pada area tersebut sehingga membuat orang menjadi serat.

Dalam membersihkan kotoran yang terdapat di area rem, sangatlah mudah anda hanya perlu membilasnya dengan menggunakan air bersih.

Kemudian lap atau sikat untuk menghilangkan kotoran yang terdapat di area rem tromol mobil anda.

Pastikan Tidak Ada Bau Hangus Saat Dilakukan Pengecekan

Selanjutnya, yang tidak boleh dilupakan saat melakukan perawatan rem tromol pada mobil, Anda harus memastikan tidak adanya bau menyengat atau hangus.

Apabila, Anda mencium bau angus hal tersebut merupakan salah satu indikasi yang kuat bahwa terdapat kemungkinan minyak yang terbakar pada lingkar roda.

Sehingga kondisi seperti itu sudah barang tentu menjadi salah satu tanda adanya kebocoran yang terdapat di sekitaran kaliper rem.

Oleh karena itu, Anda harus selalu menjaga kelembaban kampas rem secara rutin apabila perlu, Anda harus mengganti disaat sudah mendekati jarak 25000 KM pemakaian.

Hal tersebut bertujuan untuk menghindari adanya gesekan kampas rem, dengan piringan rem, yang menjadi salah satu pemicu panas yang terdapat pada area rem tromol mobil tersebut.

Cek Sepatu Rem

Tips selanjutnya, yaitu anda harus memeriksa bagian sepatu rem, untuk bisa mengeceknya, yang harus anda lakukan yaitu melihat usia di saat penggantian kampas rem.

Apabila kanvas rem sudah diganti sebanyak 4 kali ( per 25.000 KM ) maka anda harus mengganti sepatu rem dengan yang baru.

Hal tersebut mempunyai tujuan agar performa dari rem tromol tersebut bisa maksimal di saat akan digunakan mengendalikan laju mobil.

Sehingga kampas rem mempunyai andil menjadi lebih maksimal di saat memainkan perannya.

Sepatu rem tersebut sebenarnya memiliki beban yang tidak terlalu besar. Apabila dibandingkan dengan kanvas rem, yang penggantiannya di saat sudah terpakai sejauh 25.000 km.

Dengan begitu sepatu rem tetap terjaga kondisinya, apabila kanvas rem tersebut secara teratur diganti.

Apabila dilihat dari beberapa tips merawat rem tromol mobil yang sudah diuraikan di atas.

Maka pada dasarnya tidak ada yang sulit untuk dilakukan, dikarenakan hal tersebut hanya beberapa pengecekan saja.

Yang perlu dilakukan, meski demikian apabila hal tersebut diabaikan, maka kondisi dari rem tromol mobil tersebut performanya akan mengalami penurunan.

Bahkan bisa menjadi lebih parah, sehingga membuat jauh lebih buruk serta hal tersebut bisa memicu rem blong.

Jika terus dibiarkan, maka tidak menutup kemungkinan potensi kecelakaan menjadi lebih besar.

Sehingga akan menurunkan angka keselamatan. Dengan demikian, sangat penting dalam melakukan pengecekan rutin utamanya pada bagian kampas rem.

Serta rembesan minyak, merupakan hal yang sangat wajib dilakukan , demi menjaga performa agar rem tromol mobil bisa digunakan secara maksimal.

Demikian beberapa tips yang dapat diuraikan terkait dengan cara merawat rem tromol mobil agar awet.

Semoga uraian diatas dapat dijadikan referensi bagi kita semua tentang cara merawat rem mobil agar awet.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top