mesin mobil, cara merawat sistem kelistrikan mobil

Cara Merawat Sistem Kelistrikan Mobil

kelistrikan mobil, cara merawat kelistrikan mobil
Sumber Gambar : milandegrae ve (unsplash)

Cara Merawat Sistem Kelistrikan Mobil

Cara merawat sistem kelistrikan mobil yang perlu anda ketahui, system kelistrikan pada mobil harus mendapatkan perawatan yang sangat serius.

Dengan tujuan dapat beroperasi secara maksimal serta tahan lama.

Cara melakukan perawatan mobil yang dapat tentu harus anda lakukan secara menyeluruh, baik itu pemeliharaan dari sektor desain, interior, maupun bagian mesin tersebut.

Dikearenakan hal tersebut mempunyai tujuan supaya kendaraan selalu dalam keadaan yang Prima serta nyaman di saat akan anda gunakan untuk dikendarai.

Tidak hanya di beberapa sektor tersebut, yang perlu perawatan secara rutin, salah satu segmen yang perlu perhatian dan hal tersebut sangat penting yaitu sistem kelistrikan.

Dikarenakan, sistem kelistrikan yang terdapat pada mobil  erat kaitanya dengan fitur-fitur yang berada di interior kabin.

Serta beberapa sektor yang sangat penting. Seperti contoh, lampu utama, sistem infotainment, serta system-sistem lainnya yang membutuhkan sistem kelistrikan tersebut.

Apabila terjadi kerusakan yang dialami sistem kelistrikan mobil. Maka hal tersebut akan membuat mobil Anda tidak nyaman saat dikendarai selain itu keselamatan Anda bisa terancam.

Oleh karena beberapa alasan tersebut, maka diperlukan langkah-langkah yang tepat untuk selalu dilakukannya perawatan di dalam sistem kelistrikan mobil.

Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, beberapa tips yang berkaitan dengan cara merawat kelistrikan mobil.

Dengan beberapa langkah yang sederhana serta mudah diterapkan oleh anda sendiri.

Tips Merawat Sistem Kelistrikan Mobil

Mengenai tips merawat sistem kelistrikan mobil, hal tersebut diperlukan pengetahuan sebagai salah satu syarat dan langkah konkret.

Sebagai upaya untuk menjaga sistem kelistrikan yang terdapat pada mobil, selalu dalam kondisi yang prima dan ideal.

Di bawah ini terdapat beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk merawat sistem kelistrikan mobil tersebut.

Pastikan Sekring Mobil Dalam Kondisi Prima

Tips pertama yang bisa anda lakukan yaitu, mengecek kondisi sekring yang terdapat pada mobil itu sendiri.

Sekring atau fuse mempunyai fungsi sebagai pemutus arus atau daya listrik apabila terdapat indikasi tegangan arus pendek atau yang biasa disebut dengan korsleting.

Sekring atau fuse yang terletak di bagian depan mobil, tepatnya terdapat di bawah dashboard mobil, harus selalu anda cek kondisinya. Apakah sekring tersebut masih berfungsi atau tidak.

Karena sekring memiliki fungsi yang sangat vital sebagai salah satu komponen keamanan apabila terjadi korsleting.

Maka yang Anda harus lakukan yaitu, selalu melakukan pengecekan atau penggantian secara periodic, agar tidak terjadi arus pendek listrik, yang bisa berakibat fatal pada mobil anda.

Selain itu, sebagai antisipasi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Maka akan lebih baiknya apabila anda selalu menyediakan cadangan sekring tersebut.

Mulai dari ukuran 10 A, 15 A, dan 20 A atau Anda juga bisa menyediakan kawat kabel jumper yang bisa dipakai sebagai cadangan.

Apabila sewaktu-waktu sekring mobil tersebut mengalami kendala atau masalah.

Service Secara Rutin

Berikutnya, cara merawat sistem kelistrikan mobil yang perlu Anda lakukan secara rutin yaitu, dengan membawa ke bengkel resmi sesuai rujukan pabrikan mobil tersebut.

Hal ini bertujuan untuk dilakukannya pengecekan, atau service secara rutin oleh mekanik yang terlatih.

Dengan dilakukan servis rutin tersebut. Merupakan salah satu tips yang paling mudah serta efektif untuk merawat sistem kelistrikan pada mobil anda agar tahan lama.

Yang mana, disaat mobil anda mendapatkan servis berkala. Maka semua sistem yang berada di mobil akan di cek atau dirawat, tidak ketinggalan sistem kelistrikan yang terdapat di mobil itu sendiri.

Dengan memperhatikan apabila terdapat potensi masalah yang terdapat pada sistem kelistrikan. Maka akan segara diketahui serta seperti apa penanganannya.

Oleh karena itu anda tidak boleh ragu serta malas untuk membawa mobil anda ke bengkel resmi, untuk dilakukan servis rutin.

Sebagai salah satu langkah untuk merawat sekaligus menjaga sistem kelistrikan yang terdapat pada mobil anda selalu dalam kondisi baik.

Selain itu, akan lebih baik apabila anda memeriksakan kondisi Aki ke bengkel khusus aki. Dengan tujuan agar selalu diperiksa dan dicek lebih mendetail dari kondisi aki tersebut.

Sehingga terdapat kontrol sistem kelistrikan pada mobil menjadi lebih terjamin, dengan begitu apabila terjadi indikasi kerusakan yang dialami oleh aki tersebut.

Bisa langsung segera ditangani dan diperbaiki, supaya tidak menjalar atau merembet ke komponen-komponen lain di dalam mobil itu sendiri.

Bukan tanpa alasan, disaat Anda menservis mobil  secara rutin maka setiap komponen yang terdapat dalam sistem kendaraan akan mendapatkan pengecekan dari mekanik yang terlatih.

Sehingga apabila terdapat indikasi kerusakan sekecil apapun, maka hal tersebut bisa langsung ditangani serta diperbaiki.

Begitu juga dengan aki kendaraan, apabila saat dilakukan pengecekan terdapat masalah maka hal tersebut bisa langsung segera ditangani oleh mekanik yang kompeten.

Ganti Aki Mobil

Tidak memiliki perbedaan yang jauh dengan kendaraan bermotor roda dua, aki yang terdapat pada mobil juga memiliki usia pemakaian.

Yang apabila sudah waktunya untuk diganti, maka yang perlu Anda lakukan yaitu mengganti aki tersebut dengan aki yang baru dengan tujuan untuk menjaga performa serta kenyamanan saat berkendara.

Hal tersebut memiliki alasan, dengan mengganti aki mobil yang dilakukan secara rutin, merupakan hal yang sangat penting.

Dikarenakan aki menjadi sumber daya listrik utama untuk bisa disalurkan ke setiap komponen yang terdapat pada mobil itu sendiri.

Selain itu, Aki merupakan salah satu dari sekian banyaknya komponen yang terdapat pada mobil yang sangat sering mengalami kerusakan.

Oleh karena itu, yang perlu Anda lakukan yaitu selalu mengecek kondisi aki tersebut dengan mengenal beberapa ciri dari aki mobil tersebut.

Apakah arti tersebut masih bisa beroperasi secara normal, atau sudah mulai menunjukkan indikator tekor atau ngedrop.

Sebagai informasi, usia umum dari aki mobil tersebut apabila selalu mendapatkan perawatan secara rutin dan baik.

Maka usianya bisa mencapai 1 hingga 2 tahun. Akan tetapi tidak sedikit pula aki mobil tersebut hanya bisa bertahan kurang dari satu tahun.

Dikarenakan pemilik mobil kurang mengetahui atau ketidak pedulian mengenai sistem kelistrikan yang terdapat pada mobil itu sendiri.

Oleh karena itu, agar aki  mobil anda awet, usahakan untuk merawat aki tersebut secara rutin.

Dikarenakan pentingnya aki tersebut untuk kenyamanan berkendara anda. Selain itu, terdapat langkah yang sederhana agar aki Anda awet.

Seperti disaat Anda memarkirkan mobil anda. Usahakan menghindari terik matahari langsung, dikarenakan panas yang berasal dari cahaya matahari.

Akan memicu cairan elektrolit yang terdapat pada aki akan menguap. Sehingga cairan tersebut semakin berkurang.

Oleh sebab itu, apabila anda memarkir kendaraan usahakan di tempat yang teduh dan terhindar dari sinar matahari secara langsung.

Selain itu, usahakan menghindari penggunaan aksesoris yang berlebihan. Hal itu mempunyai tujuan untuk menjaga kondisi aki tidak mudah ngedrop.

Pastikan Kabel Di Kap Mobil Dalam Kondisi Normal

Tips selanjutnya untuk merawat sistem kelistrikan pada mobil yaitu, usahakan selalu mengecek kondisi kabel yang terdapat pada mobil, terutama pada bagian kap mobil.

Hal tersebut mempunyai tujuan yaitu, kabel merupakan salah satu komponen penghubung arus listrik yang berasal dari sumber listrik.

Yang akan menuju ke komponen-komponen mobil lainnya. Apabila kabel mengalami kerusakan, salah satu contoh kabel tersebut sudah terkelupas kulit luarnya.

Maka yang harus anda lakukan adalah segera mengganti kabel tersebut dengan kabel yang baru.

Apabila kondisi kabel tersebut di diamkan atau dibiarkan, maka hal tersebut akan sangat berbahaya, karena memiliki potensi menimbulkan arus pendek listrik.

Apalagi di saat musim penghujan, yang kemungkinan air hujan merembaes serta masuk dan mengenai kabel tersebut.

Sehingga dapat dipastikan akan membuat sistem kelistrikan menjadi rusak. Oleh karena itu Anda harus selalu memastikan kondisi kabel yang terdapat pada kap mobil dalam kondisi yang normal.

Serta tidak mengalami robek maupun getas.

Hindari Penggunaan Piggyback Apabila Tidak Diperlukan

Berikutnya, yang banyak orang belum mengetahui yaitu, penggunaan piggyback pada mobil sebenarnya kurang tepat.

Untuk dilakukan, dikarenakan hal tersebut akan mengganggu sistem kelistrikan yang terdapat pada mobil itu sendiri, terutama pada komponen ECUmobil.

Piggyback mempunyai fungsi sebagai pendongkrak tenaga mobil supaya jauh lebih responsive. Namun, hal tersebut akan berdampak pada sistem ECU yang selalu didorong untuk bekerja ekstra keras.

Apabila hal tersebut dibiarkan secara terus menerus, maka akan membuat ECU yang merupakan rangkaian kelistrikan mobil tersebut akan menjadi rusak bahkan bisa mengakibatkan ECU tersebut jebol.

Apabila ECU mengalami kerusakan, maka biaya yang dibutuhkan untuk penggantian ECU tersebut sangatlah mahal.

Sehingga sebisa mungkin, Anda harus menghindari penggunaan Piggyback, apabila tidak benar-benar dibutuhkan.

Mengacu dari uraian diatas, maka salah satu cara yang paling efektif serta mudah untuk menjaga agar kondisi sistem kelistrikan mobil anda tetap awet dan tahan lama.

Demikian beberapa uraian mengenai cara merawat sistem kelistrikan mobil.

Semoga uraian di atas dapat berguna bagi kita semua.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top