evaporator, penyebab ac mobil rusak

Penyebab Kondensor Ac Mobil Rusak

kondensor mobil, penyebap kondensor ac mobil rusak
Sumber Gambar : ade_gustomo (instagram)

Penyebab Kondensor Ac Mobil Rusak

Penyebab kondensor Ac mobil rusak bisa terjadi oleh beberapa factor dan setiap mobil pasti mengalami kerusakan terutama di bagian interior.

Yang hal tersebut bisa membuat sebal pemilik mobil tersebut. Beberapa factor tersebut salah satunya terjadi karena kerusakan dari Kondensor Ac mobil.

Sehingga membuat tidak nyaman orang yang berada didalam mobil tersebut.

Mengingat, apabila terdapat kerusakan sedikit saja yang dialami kendaraan, maka hal tersebut akan mengganggu pengemudi maupun penumpang nya yang berada di dalam kendaraan tersebut.

Disisi lain, dan tidak bisa dipungkiri, salah satu komponen yang sering mengalami kerusakan atau masalah disebabkan oleh kerusakan yang dialami oleh kondensor AC.

Yang mana terdapat beberapa indikasi yang sangat kompleks hingga membuat kondensor AC mobil tersebut tidak bekerja maksimal.

Pada umumnya, debu maupun kerikil kecil yang menempel merupakan salah satu penyebab hingga membuat kerusakan yang terdapat pada bagian kondensor AC mobil.

Dari sini, dapat disimpulkan bahwa perawatan AC mobil yang tepat menjadi salah satu yang wajib dan harus anda lakukan untuk menjaga agar kondensor AC tetap bekerja secara maksimal.

Dikarenakan, dari beberapa kondisi serta kejadian AC mobil menjadi salah satu sektor yang sangat rentan mengalami kerusakan.

Apalagi, kondensor AC yang perawatannya tidak secara rutin bahkan tidak dilakukan perawatan sama sekali. bisa anda bayangkan bukan? seperti apa jadinya Kondensor AC tersebut.

Oleh karena itu, salah satu bentuk perhatian yang sangat diperlukan dan Anda lalukan, ialah Anda bisa mengenali serta bisa memahami.

Apa yang menjadi penyebab dari kondensor AC tidak bisa bekerja secara maksimal.

Hal tersebut, merupakan upaya awal untuk bisa mendeteksi di mana kerusakan utama yang di alami oleh kondensor AC mobil Anda.

Dari sini, anda bisa menentukan dan memudahkan anda dalam mengenal faktor pemicu kerusakan yang dialami oleh kondensor AC tersebut.

Di bawah ini, akan disajikan informasi mengenai beberapa penyebab kondensor AC mobil yang mengalami kerusakan, untuk bisa dipahami secara lebih mendalam.

Penyebab Kondensor AC Mobil Mengalami Kerusakan

Terdapat berbagai aspek yang saling terkait dari beberapa faktor pemicu penyebab kondensor AC mobil rusak.

Diantaranya seperti yang akan di uraikan di bawah ini.

Kondensor AC Mengalami Kebocoran

Faktor pertama, yang menjadi penyebab kondensor AC mobil mengalami kerusakan yaitu terdapat kebocoran pada kondensor AC mobil itu sendiri.

Pada umumnya, kebocoran tersebut terjadi di beberapa sektor, mulai dari bagian pipa sambungan yang terhubung dari kondensor dengan AC mobil.

Apabila mengalami kejadian seperti itu, maka proses tersalurnya udara yang berada di dalam sistem AC tidak bisa bekerja semaksimal mungkin.

Dikarenakan oleh hal tersebut, maka kondensor AC mobil mengalami kerusakan dan imbasnya pada udara AC mobil tidak dingin dan terasa panas yang dirasakan oleh pengendara maupun penumpang.

Oleh karena itu, mengingat tingkat kebocoran yang terdapat pada kondensor itu sendiri, baik itu besar maupun kecil, tetap akan berakibat fatal.

Yang mana, bisa membuat udara yang berada di dalam kabin mobil terasa panas.

Kondensor AC Tersumbat

Faktor lain, yang perlu Anda ketahui penyebab kondensor AC mobil mengalami kerusakan, bisa dipengaruhi oleh adanya sumbatan yang terdapat pada kondensor itu sendiri.

Umumnya, terdapat penyumbatan yang terjadi di dalam komponen tersebut sering diakibatkan oleh menumpuknya debu atau kotoran yang berada di dalam kondensor.

Dari sini, bisa diketahui bahwa kebersihan menjadi sebuah hal yang sangat penting.

Sehingga debu maupun kotoran yang berasal dari berbagai arah tidak bisa masuk hingga menumpuk dan mengakibatkan penyumbatan.

Dikarenakan, meskipun debu mempunyai bentuk yang berupa partikel kecil, namun tetap saja apabila sudah lama menumpuk.

Tidak menutup kemungkinan kondensor AC hingga bisa membuat mampet. Sehingga kerja dari komponen tersebut tidak maksimal.

Karena alasan tersebut, apabila terdapat kondensor AC mobil yang sudah mampet atau mengalami penyumbatan maka anda harus segera membersihkannya dari partikel-partikel debu yang menempel.

Jangan membiarkan debu maupun kotoran tersebut menempel dengan waktu yang lama.

Dikarenakan, akan membuat sistem AC yang dalam hal ini kondensor yang terdapat pada mobil akan mengalami kerusakan lebih cepat dari usia yang seharusnya.

Suhu Kondensor Yang Tinggi (Panas)

Faktor lain yang menyebabkan kondensor mengalami kerusakan, salah satunya dipicu oleh suhu yang terdapat pada kondensor mengalami kenaikan.

Bisa dikatakan, apabila saat mesin mobil dinyalakan, maka dengan otomatis, maka kondensor akan melakukan tugasnya, dengan cara menghisap udara panas yang terdapat di dalam kabin.

Dan, dalam kondisi seperti ini, suhu yang berada di kondensor AC mobil mulai tidak stabil. Sehingga, hal tersebut tidak jarang kondensor AC mengalami overheating.

Terdapat beberapa faktor yang bisa membuat suhu kondensor naik, hingga membuatnya mengalami kerusakan.

Hal itu, disebabkan oleh kipas yang tidak berfungsi, serta kotoran yang terdapat pada kondensor itu sendiri, oli kompresor yang melebihi kapasitas.

Serta cairan freon yang terlalu banyak hingga membludak, serta kemungkinan dari putaran visco fan radiator yang sudah mulai melemah.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk bisa menggunakan ekstra fan yang berfungsi untuk membantu pendinginan atau menurunkan suhu pada kondensor.

Sehingga kondensor tersebut tidak mudah mengalami kerusakan yang pemicunya berasal dari suhu udara panas yang diserapnya.

Usia Kondensor Yang Sudah Tua

Setiap komponen yang berada di dalam kendaraan pasti memiliki masa pakai atau usia. Sehingga dalam jangka waktu tertentu harus dilakukan perbaikan maupun penggantian.

Hal tersebut juga berlaku terhadap kondensor AC mobil, yang artinya bahwa kondensor memiliki usia penggunaan.

Apabila usia dari kondensor tersebut yang sudah lama, maka kinerja dari kondensor tersebut akan mengalami penurunan dan melemah seiring berjalannya waktu.

Nah, apabila memang umur dari kondensor AC mobil anda sudah berumur. Maka sangat disarankan supaya kondensor tersebut segera dilakukan penggantian.

Dengan alasan agar nantinya putaran angin bisa lebih maksimal yang mempunyai dampak terhadap suhu di dalam kabin menjadi lebih sejuk dan tetap terjaga.

Kondensor Yang Berkarat

Faktor lain penyebab kondensor AC mobil mengalami kerusakan, bisa disebabkan oleh korosi atau terdapatnya karat yang terdapat pada komponen tersebut.
Karatan atau korosi yang terdapat pada komponen tersebut, dikarenakan banyaknya kotoran yang menumpuk tanpa dilakukan pembersihan secara rutin.

Yang mana, proses korosi akan semakin cepat dikarenakan terdapat tetesan air selama proses pendinginan.

Sehingga membuat kondensor AC mobil menjadi melemah yang pada akhirnya mengalami kerusakan.

Apabila hal tersebut terjadi, maka anda sebaiknya membersihkan kondensor AC hingga benar-benar bersih.

Dan apabila ditemukan kondensor AC yang kinerjanya sudah mulai menurun, anda tidak harus menunggu terlalu lama.

Segera bawa ke bengkel untuk ditindaklanjuti atau bahkan segera ganti kondensor AC dengan yang baru.

Itulah, beberapa penyebab kondensor AC mobil mengalami kerusakan yang perlu Anda ketahui, kenali dan pastinya Anda pahami secara mendalam.

Sehingga ulasan diatas bisa menjadi referensi pengetahuan untuk kita semua.

Dari sisi lain, apabila melihat serta meneliti berbagai ulasan di atas, maka bisa ditarik sebuah kesimpulan.

Dalam hal ini, penyebab utama kerusakan kondensor ialah menumpuknya kotoran, debu,  maupun pentalan kerikil kecil pada kondensor AC.

Dari banyaknya debu maupun kotoran yang datang dari berbagai arah, maka hal tersebut sudah dapat dipastikan akan menghambat dari kerja kondensor.

Begitu juga, dengan komponen lainnya, seperti filter kabin maupun evaporator.

Dan, berkaitan mengenai hal perawatan, maka alangkah baiknya anda selalu melakukan pemeriksaan rutin terhadap bagian kondensor AC mobil. Bersamaan dengan anda melakukan servis mobil.

Hal tersebut dilakukan, supaya kondisi kondensor AC mobil maupun komponen lainnya yang mengalami kendala  segera bisa diperbaiki.

Demikianlah beberapa ulasan, mengenai penyebab kondensor AC mengalami kerusakan.

Semoga informasi diatas bisa menambah wawasan serta manfaat untuk kita semua.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top